Komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verbal atau lisan (menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata atau nonverbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat/gesture, serta tekanan atau tinggi nada suara).
- Sebagai informasi
- Sebagai kendali
- Sebagai motivasi
- Sebagai pengungkapan emosional
a. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata baik hal itu di ucapkan maupun di tulis.
b. Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau isyarat (gesture) atau gambar.
Keunggulan dan kelemahan komunikasi daring
Keunggulan :
- Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
- Efisien biaya
- Efisien waktu
- Terintegrasi dengan layanan TIK lainya
- Meningkatkan intensitas berkomunikasi
- Meningkatkan partisipasi
- Tidak mewakili emosi pengguna
- Memerlukan perangkat khusus
- Terlalu banyak informasi yang tidak penting
- Menyita konsentrasi
a. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak (sinkron) adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain text chat dan video chat.
b. Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
Komunikasi daring tak serempak (asinkron) adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi virtual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui world wide web.
Komponen pendukung komunikasi daring
- Komponen perangkat keras (hardware)
- Komponen perangkat lunak (software)
- Komponen perangkat nalar atau akan (brainware)


No comments:
Post a Comment